Oktober 14, 2024

Ketika Anda sudah mengetahui masalah yang dihadapi, maka setidaknya sudah menemukan setengah jalan untuk menemukan solusinya. Karena permulaan untuk menyelesaikan masalah adalah dengan mengetahui bahwa hal tersebut merupakan masalah yang sedang dihadapi.

Banyak juga orang yang tidak bisa menyelesaikan masalah karena menganggap bahwa sesuatu bukan merupakan masalah, sehingga tentunya bisa membuat masalah menjadi berlarut-larut karena tidak bisa dideteksi sejak dini. Setelah mengetahui masalah tersebut perlu dilakukan identifikasi sehingga bisa menerapkan strategi problem solving yang tepat.

Adapun untuk upaya untuk bisa menyelesaikan sebuah masalah bisa menggunakan langkah berikut ini:

  • Langkah pertama adalah dengan melakukan identifikasi dan mendefinisikan dari masalah yang dihadapi.
  • Selanjutnya mengumpulkan informasi untuk dapat melakukan analisa sehingga akan bisa untuk mengidentifikasi masalah dan bisa untuk melihat pola untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi.
  • Selanjutnya bisa untuk mencari solusi yang terdiri dari beberapa opsi dengan mempunyai solusi alternatif yang digunakan.
  • Melakukan evaluasi pada masalah yang dihadapi sehingga dapat untuk menjadi solusi agar bisa menyeleksi dan menemukan solusi yang tepat.
  • Menyusun action plan atau rencana aksi yang dapat digunakan untuk menerapkan solusi yang dipilih sebelumnya.
  • Menerapkan solusi yang telah diambil dengan memperhatikan dampak yang dihasilkan.
  • Melakukan evaluasi dari solusi yang diambil sehingga bisa menyelesaikan masalah dengan solusi yang dipilih dengan baik.

Salah satu langkah penting dalam strategi problem solving adalah dengan melakukan identifikasi masalah yang dihadapi. Problem solving membutuhkan masalah yang dihadapi untuk bisa diselesaikan, sehingga yang mempengaruhinya tentunya dengan melakukan identifikasi dari permasalahan yang dihadapi dengan tepat.

Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut bisa untuk memperhatikan poin-poin berikut ini yang akan membantu untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi:

  1. Masalah yang terjadi

Poin penting untuk bisa menyelesaikan permasalahan yang dipunyai adalah dengan mengetahui masalah yang sedang dihadapi. Identifikasi apa saja masalah yang sedang dihadapi dan perlu untuk diselesaikan. Biasanya bahkan perusahaan mempunyai sistem yang dapat untuk mendeteksi dan mencegah masalah yang dapat timbul. Sehingga hal tersebut akan membantu untuk membuat masalah yang bisa terjadi.

Tetapi masalah tentu saja bisa timbul kapan saja, sehingga ketika terjadi permasalahan tersebut maka bisa untuk diselesaikan. Kenali masalah yang terjadi tersebut agar bisa untuk diselesaikan dengan baik.

  1. Akar dari masalah

Selain mengetahui masalah yang terjadi, hal lainnya yang menjadi poin penting agar bisa menyelesaikan isu permasalahan yang dihadapi adalah dengan mengenali akar dari masalah. Caranya adalah dengan mengetahui root atau akar dari permasalahan yang dihadapi. Dengan mengetahui akar permasalahan tersebut tidak hanya bisa membantu untuk menyelesaikan permasalahan dengan segera.

Akan tetapi apabila menyelesaikan masalah dari akar, maka bisa untuk menghindari masalah yang sama bisa terjadi kembali. Sehingga dengan mengetahui akar dari permasalahan akan membantu tidak hanya untuk menyelesaikannya tetapi juga menjadi pencegahan masalah yang sama bisa terulang. Untuk mengetahui root cause sendiri bisa untuk mengurutkan permasalahan dari timeline permasalahan yang timbul, sehingga akan menemukan penyebab dimulainya masalah yang sedang dihadapi.

  1. Dampak dari permasalahan yang muncul

Hal terakhir yang menjadi poin penting untuk mengatasi permasalahan yang muncul adalah dengan mengetahui dampak yang akan muncul dari permasalahan tersebut. Masalah tentunya tidak bisa dibiarkan untuk berlarut-larut karena akan membuatnya lebih besar dan menimbulkan dampak yang juga tidak baik.

Apabila terjadi permasalahan, maka sebaiknya untuk menyelesaikannya dengan segera. Sehingga dampak yang ditimbulkan tidak akan menjadi parah dan masih bisa untuk diatasi dengan segera. Hal ini bisa dilakukan dengan menyelesaikan masalah yang urgent terlebih dahulu dengan dampak yang paling terasa ketika mempunyai beberapa permasalahan sekaligus.

Di atas merupakan cara untuk mengidentifikasi masalah sehingga bisa menerapkan strategi problem solving  yang digunakan untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Kemampuan problem solving tersebut dibutuhkan untuk bisnis sehingga bisa membuat bisnis yang tidak terkendala ketika menghadapi permasalahan bisnis yang tentu saja akan terjadi.

Tingkatkan kemampuan Anda untuk bisa menyelesaikan permasalahan dengan strategi yang bisa dipelajari di program pelatihan Prasmul-ELI. Hubungi Prasmul-ELI untuk mendaftar program singkat meningkatkan skill problem solving di nomor +62 811 1991 1168.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *