Oktober 14, 2024
BMKG memantau keberadaan bibit siklon, daerah tekanan rendah, dan sirkulasi siklonik di sejumlah daerah.

BMKG menyatakan memantau bibit siklon tropis 96B di Selat Malaka bagian utara.

Kecepatan angin maksimum 15 knot dan tekanan udara minimum sebesar 1007.0 mb bergerak ke arah barat laut.

Dampak bibit siklon tropis 96B terhadap cuaca Indonesia adalah hujan sedang hingga lebat di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat dan Riau pada hari ini, Senin 5 Desember 2022.

Potensi angin kencang juga di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat dan Riau.

Daerah Tekanan Rendah terpantau di perairan barat laut Aceh yang menginduksi terbentuknya peningkatan kecepatan angin permukaan (Low Level Jet) di Vietnam, Teluk Thailand, perairan barat Aceh dan Laut Andaman.

Daerah tekanan rendah yang sama membentuk daerah pertemuan disertai perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang Semenanjung Malaysia, Aceh, Sumatera Utara dan di perairan barat Aceh.

Sirkulasi siklonik terpantau di perairan timur Lampung – Banten, di Kalimantan Utara dan di perairan utara Papua.

Ini membentuk daerah konvergensi memanjang di Sumatera Barat, dari Bengkulu hingga Lampung, di Sumatera Selatan bagian utara, di Selat Karimata, di pesisir selatan Jawa Barat – Jawa Tengah, di Kalimantan Tengah dan dari Kalimantan Selatan hingga Laut Jawa bagian timur dan di perairan utara Papua Barat.

Daerah konvergensi lain terpantau memanjang di Kalimantan Timur, dari Sulawesi Barat hingga Laut Maluku, dari Sulawesi Utara hingga Maluku Utara, di Maluku, di NTT, dari Maluku Utara hingga perairan utara Papua Barat, di Papua Barat dan di Papua.

Lalu ada daerah pertemuan angin (konfluensi) di perairan sebelah selatan Jawa Timur – NTB dan di Selat Makassar.

Seluruh bibit siklon, daerah tekanan rendah, kovergensi dan konfluensi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan.

Untuk prakiraan hujan wilayah ibu kota provinsi, BMKG memprediksi hujan lebat Senin, 5 Desember 2022, turun di Bandung.

Hujan yang disertai petir di Banda Aceh, Jambi, Banjarmasin, Pekanbaru dan Medan.

Beberapa provinsi di Indonesia yang berada dalam kategori “Siaga” terhadap bencana hidrometeorologi (banjir, banjir bandang, dan lainnya) dampak dari potensi hujan lebat adalah Aceh, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *